Cara Ampuh Turunkan Gula Darah


Diabetes mellitus atau sering disebut penyakit kencing manis di Indonesia merupakan keadaan tubuh yang mengalami hiperglikemia kronik yang disertai dengan berbagai kelainan metabolik sebagai akibat gangguan hormonal. Dan sering menimbulkan komplikasi kronik pada mata, ginjal, dan pembuluh darah. 

Di dunia medis, penyakit ini termasuk penyakit yang belum ditemukan obatnya. Pengobatan selama ini hanya dengan terus mengontrol agar gulah darah dalam kadar normal, tidak berlebih maupun kekurangan.

Penyebab utama Diabetes mellitus dikarenakan kekurangan produksi insulin dalam tubuh atau kurang sensitifnya jaringan tubuh terhadap insulin. Selain itu, terdapat jenis diabetes melitus yang juga disebabkan oleh resistansi insulin yang terjadi pada wanita hamil. Baca juga obat herbal untuk diabetes

 
Gejala umum Diabetes
penderita hiperglisemia biasanya memiliki tiga gejala umum yaitu:
  • Sering buang air kecil (Poliuria)
  • Selalu merasa haus (Polidipsia)
  • Selalu merasa lapar (Polifagia)

Tanpa perawatan memadai dalam jangka panjang Diabetes dapat memicu berbagai komplikasi kronis, seperti: 
  1. Gangguan pada mata dengan potensi berakibat pada kebutaan
  2. Gangguan pada ginjal hingga berakibat pada gagal ginjal
  3. Gangguan kardiovaskular, diserati lesi membran basalis yang dapat diketahui dengan pemeriksaan menggunakan mikroskop elektron
  4. Gangguan pada sistem saraf hingga disfungsi saraf autonom, foot ulcer, amputasi, charcot joint disfungsi seksual

Berbagai penelitian medis untuk menemukan pengobatan yang tepat penderita diabetes mellitus telah dilakukan salah satunya dengan tanaman herbal Yacon. Yacon bukanlah tanaman asli Indonesia, namun pembudidayaannya mulai dikembangkan di Indonesia bahkan hingga di daerah dataran rendah yang notabene lebih panas dari Negara asalnya. Baca juga cara budidaya tanaman yacon

Menurut para peneliti, Yacon kaya dengan insulin dimana setiap unitnya mengandung gula fruktosa yang tidak dapat dicerna namun dapat difermentasikan oleh usus besar.

 
Kandungan fruktosa pada Yacon adalah 25% terikat dan 35% free. Sehingga dengan keadaan inilah dapat mencegah penderita diabetes dari hiperglikemia. Mengkonsumsi Yacon tidak akan memungkinkan untuk terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah . Itu juga berarti bahwa yakon secara alamiah terbukti memiliki kalori yang rendah.

 
Yacon memiliki efek hipoglikemik sehingga dapat menurunkan gula dalam darah. Dengan 20 gram daun yakon yang kering kemudian dilarutkan dengan 200 ml air yang dipanaskan selama 20 menit. Setelah airnya dingin, ramuannya disaring kemudian bisa diminum.

 
Berikut adalah manfaat dari daun Yacon bagi tubuh:

  • Meningkatkan kadar insulin dalam tubuh
  • Mencegah dan mengobati diabetes
  • Menurunkan kadar trigiserida dalam darah
  • Penguat hati sekaligus sebagai obat hati
  • Anti murobial untuk ginjal dan infeksi pada kandung kemih
  • Sebagai antioksidan dalam tubuh

Daun Yacon yang digunakan sebagai teh, akan memiliki efek mengurangi puncak kadar gula saat kita menyantap makanan yang manis-manis atau yang mengandung banyak karbohidrat.


Ramuan Herbal Tanaman Yacon Untuk Diabetes :

  1. Umbinya, bisa dimakan langsung atau dimasak. Terasa manis. Dimakan sebagai camilan, atau dibuat sirup pengganti gula dapur, bagi yang sedang diet rendah kalori dan penderita diabetes mellitus.
  2. Daunnya, 5 – 10 lembar direbus (jangan menggunakan aluminium) dengan 6 gelas air, dijadikan 3 gelas. Diminum 2 – 3 kali sehari. Dosisnya disesuaikan dengan kadar gula darahnya dan diperiksa hasilnya dengan cek gula darah.

Membuat teh dari daun Yacon : 
Siapkan 5 helai daun Yacon yang sudah dikeringkan dengan cara dijemur. Setelah benar-benar kering, tumbuk daun-daun tersebut sampai halus dan menghasilkan 15 gram serbuk. Kemudian, seduh serbuk tersebut dalam 3 gelas berisi masing-masing 600 ml air mendidih. Aduk serbuk dengan air mendidih tersebut sampai Anda mendapatkan air berwarna hijau pekat. Minum air tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari layaknya aturan minum obat yaitu di pagi, siang dan malam hari.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.