Tips Mencegah Kanker


Kanker merupakan penyakit pembunuh manusia pertama di dunia. Seorang penderita kanker selalu dihantui dengan usia pendek. Dalam dunia medis pun kanker diklaim tidak dapat disembuhkan. Kanker ditandai dengan kelainan sel dalam tubuh yang tumbuh tidak terkendali, menyerang jaringan lain di dekatnya, dan dapat berpindah serta menyebar ke jaringan lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik.

Kanker sering dikenal oleh masyarakat sebagai tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker. Tumor adalah segala benjolan tidak normal atau abnormal. Tumor dibagi dalam 2 golongan, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Kanker adalah istilah umum untuk semua jenis tumor ganas. Kanker dapat menimpa semua orang, pada setiap bagian tubuh, dan pada semua gologan umur, namun lebih sering menimpa orang yang berusia 40 tahun.

Umumnya sebelum kanker meluas atau merusak jaringan di sekitarnya, penderita tidak merasakan adanya keluhan ataupun gejala. Bila sudah ada keluhan atau gejala, biasanya penyakitnya sudah lanjut. Ada 7 gejala yang perlu diperhatikan dan diperiksakan lebih lanjut ke dokter untuk memastikan ada atau tidaknya kanker, yaitu:
1.    Waktu buang air besar atau kecil ada perubahan kebiasaan atau gangguan.
2.    Alat pencernaan terganggu dan susah menelan.
3.    Suara serak atau batuk yang tak sembuh-sembuh
4.    Payudara atau di tempat lain ada benjolan (tumor).
5.    Andeng-andeng (tahi lalat) yang berubah sifatnya, menjadi semakin besar dan gatal.
6.    Darah atau lendir yang abnormal keluar dari tubuh
7.    Adanya koreng atau borok yang tak mau sembuh-sembuh.

Pencegahan


Sama dengan penyakit lainnya, sebenarnya sebagian besar jenis kanker dapat dicegah dengan kebiasaan hidup sehat sejak usia muda dan menghindari faktor-faktor penyebab kanker. Meskipun penyebab kanker secara pasti belum diketahui, setiap orang dapat melakukan upaya pencegahan dengan cara hidup sehat dan menghindari penyebab kanker seperti:


1.    Hindari konsumsi makanan berlemak yang berlebihan dan sebaiknya menambah konsumsi makan makanan berserat, sayur-sayuran serta buah-buahan, beberapa kali sehari, lebih banyak makan makanan segar, mengurangi makanan yang telah diawetkan atau disimpan terlalu lama.

2.    Hindari diri dari penyakit akibat hubungan seksual

3.    Hindari kebiasaan merokok.

4.    Upayakan kehidupan seimbang dan hindari stress

5.    Periksakan kesehatan secara berkala dan teratur.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.