Cara Sehat Menggemukkan Badan


Permasalahan berat badan tidak hanya dialami oleh orang yang berbadan gemuk saja tetapi juga dialami oleh orang yang berbadan terlalu kurus. Secara umum, kesehatan tubuh dapat dipelihara dengan menjaga berat badan dalam batas ideal. Berat badan yang ideal juga dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

Pola makan seimbang dan olah raga teratur dapat mempengaruhi nafsu makan yang adakn berdampak pada berat badan seseorang. Apabila anda menginginkan tubuh yang lebih gemuk dan ideal anda perlu mengetahui terlebih dahulu berat badan ideal anda. Baca juga Herbal Penambah Nafsu Makan

Untuk mengetahui berat badan ideal tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengetahui rumus yang benar yang telah ditetapkan secara internasional. Berikut ini adalah rumus untuk mengetahui berat badan ideal anda:

Untuk Wanita
Berat wanita ideal = (Tinggi badan – 100) – (15% x (Tinggi badan – 100))

Prosentase 15% bisa diubah jadi 10% dengan syarat jika wanita tersemut merasa sangat sehat dan sangat bugar.

Untuk Pria
Berat pria ideal = (Tinggi badan – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100))

Kedua rumus di atas bisa anda jadikan acuan sebagai cara menghitung berat badan ideal anda. Pentingnya mengetahui berat ideal tersebut tidak lain adalah untuk menjaga kesehatan anda. Karena seperti kita ketahui jika berat badan berlebihan itu tdaik baik buat kesehatan demikian juga sebaliknya bagi yang kurang. Baca Juga Tips Cepat Menambah Berat Badan

Untuk anda yang memiliki berat badan di bawah ideal anda bisa menerapkan pola makan seimbang. Umumnya pola makan gizi seimbang digambarkan sebagai piramida. Namun, kini dapat digunakan panduan piring makan untuk memenuhi gizi seimbang, sebagai berikut :
  • ½ dari piring makan terdiri dari sayur dan buah-buahan. Maksimalkan dengan konsumsi dari beragam jenis dan warna.
  • ¼ dari piring diisi dengan protein. Anda dapat memilih ikan, ayam atau kacang-kacangan. Batasi konsumsi daging merah ataupun daging olahan seperti sosis.
  • ¼ dari piring makan dipenuhi dengan biji-bijian utuh dari beras, gandum atau pasta. Kandungan gula dari roti atau beras berwarna putih tergolong tinggi, sebaiknya berhati-hati untuk yang memiliki masalah dengan gula darah.
  • Lengkapi dengan sedikit minyak, seperti minyak zaitun, minyak kedelai, minyak jagung dan lain-lain. Hindari minyak hidrogenasi yang mengandung lemak jenuh.
  • Konsumsi air putih, teh, atau kopi. Batasi susu dan produk turunannya, hanya sekitar 1-2 kali per hari, jus sekitar satu gelas per hari dan hindari minuman dengan kandungan gula tinggi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.