Terapi Herbal Sembuhkan Rhinitis Alergi

Rhinitis alergi adalah peradangan dan iritasi yang terjadi di membran mukosa di dalam hidung. Rhinitis alergi memiliki gejala yang mirip dengan influenza yang membedakannya adalah bila rhinitis alergi disebabkan oleh reaksi alergi sedangkan influenza disebabkan oleh virus. Alergi pada rinitis alergi dapat disebabkan oleh debu, bulu binatang, serbuk sari dan lain-lain atau bisa juga diperparah oleh cuaca yang dingin atau lingkungan dingin sehingga sering kali kita jumpai bersin-bersin pada pagi hari.

Ciri khas dari Rinitis alergi yaitu gejala pilek akan muncul ketika seseorang terpapar dengan alergen tertentu misalkan ketika terpapar debu seseorang menjadi bersin-bersin hidung tersumbat dan meler. Secara lengkap gejala rinitis alergi terdiri dari :

  1. Hidung berair
  2. Hidung tersumbat
  3. Hidung gatal
  4. Mata berair mata gatal
  5. Batuk Nyeri di daerah wajah terutama sekitar hidung
  6. Fungsi Penciuman menurun
Rhinitis alergi bisa mengenai semua umur namun paling sering terjadi pada usia remaja atau dewasa muda. Faktor risiko rinitis alergi Seseorang akan mudah atau mungkin lebih mudah mengalami rinitis alergi ketika :

  1. Memiliki riwayat alergi seperti asma atau gatal-gatal pada kulit.
  2. Riwayat keluarga dengan rinitis alergi atau asma dan alergi jenis lain.
  3. Tinggal di tempat yang sering terpapar alergen seperti bulu binatang.

Terapi Rhinitis Alergi
Untuk mengatasi rhinitis alergi akibat alergi dingin ataupun akibat alergen lainnya ada beberapa cara, antara lain:

  • Hindari paparan alergen. Jika keluhan bersin – bersin dan hidung gatal muncul jika terkena AC maka hindari penggunaan AC, atau atur suhu AC agar tidak terlalu dingin. Sering bersihkan AC / kipas angin, karena debu pada AC / kipas angin yang menumpuk dan tertiup ke udara serta memenuhi ruangan juga bisa meningkatkan kekambuhan bersin – bersin dan hidung gatal akibat rhinitis alergi. Selain itu hindari penggunaan kipas angin yang terlalu menyorot ke arah wajah. Matikan AC ataupun kipas angin ketika suhu udara sedang dingin atau saat memasuki subuh atau pagi hari. Anda juga bisa menggunakan masker untuk menutup dan menghangatkan hidung anda agar tidak terlalu terpapr dingin. Gunakan pakaian yang hangat untuk menghindari udara dingin.
  • Tingkatkan daya tahan tubuh anda untuk mencegah kekambuhan. Konsumsi gizi yang seimbang dengan sayur, buah, protein dsb. Konsumsi vitamin C juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anda. Olahraga yang teratur seperti jogging saat pagi hari, berenang, dsb.

Resep Herbal Membantu Meningkatkan Imunitas

  1. Siapkan satu sendok teh jahe segar, sedikit cengkeh, satu batang kayu manis.
  2. Rebus semua bahan dengan satu cangkir air selama 5 menit.
  3. Saring air rebusan lalu tambahkan madu dan perasan lemon atau jeruk nipis

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.